Sabtu, 05 November 2011

Makna Idul Adha Bagi Kehidupan


“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu dan sembelihlah hewan. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.”

Pemberian nikmat oleh Allah kepada manusia tak terhingga. Anak, istri dan harta kekayaan termasuk nikmat Allah. Kesehatan dan kesempatan juga nikmat yang amat penting. Manusia diberi nikmat pangkat kedudukan jabatan dan kekuasaaan. Segala yang dimiliki manusia, baik berupa materi maupun nonmateri, adalah nikmat Allah. 
Semua nikmat sekaligus menjadi cobaan dalam kehidupan. Idul Adha atau biasa dikenal dengan Lebaran Haji memiliki makna penting dalam kehidupan. Ini perlu kita renungkan dan kita kaji agar kita lulus dari berbagai cobaan Allah. Makna Idul Adha tersebut antara lain :

1. Menyadari kembali bahwa makhluk yang namanya manusia ini adalah kecil belaka betapapun berbagai kebesaran disandangnya. Inilah makna kita mengumandangkan takbir Allahu Akbar!

2. Menyadari kembali bahwa tiada yang boleh di-Tuhankan selain Allah, inilah makna kita kumandangkan tauhid La Ilaha Illallah!

3. Menyadari kembali bahwa pada hakikatnya yang memiliki puja dan puji itu hanyalah Allah, inilah makna kita kumandangkan tahmid Wa Lillahil-hamid! 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar